Cara Agar Merpati Giring Keket

 

 

Pada proses menjodohkan burung merpati bagi pembudidaya atau pemelihara merpati kadangkala menjumpai burung merpatinya tidak mau giring keket atau keras, sehingga ketika burung akan dilatih kinerjanya tidak sesuai yang dinginkan.

Burung merpati yang tidak mau giring keket atau keras, ketika terbang tidak begitu cepat seperti burung yang giring keket, sehingga burung akan turun dengan pelan, mlengos, ragu-ragu dan lain sebagainya.

Memang burung semacam ini tetap mau jodoh akan tetapi akan terlihat biasa saja tidak seperti burung merpati yang giring keket dengan tingkah laku yang sering diperlihatkan mulai dari mengejar-ngejar betinanya, mematuk - matuk kepalanya dengan cepat. Hal ini biasanya tidak diperlihatkan oleh burung yang tidak giring keket atau keras.

 

Baca Juga :  Cara Memilih Merpati Tinggian Kolong YangBagus 

 

Adapun beberapa penyebab merpati tidak mau giring keket atau keras :

1.Betina kurang cocok

Apabila merpati dijodohkan dengan merpati yang kurang cocok, maka merpati tidak mau giring keket atau keras disebabkan kurang begitu suka dengan betinanya

2. Betinanya Tidak Mau Bertelur

Burung merpati yang tidak mau bertelur bisa menyebabkan giringnya tidak keket atau keras dan cenderung akan berganti betina lainnya.

3. Burung dalam keadaan sakit

Merpati yang sedang sakit akan suka menyendiri dan dengan ini burung tidak lagi giring keket seperti dalam keadaan sehat.

Berikut ini cara agar burung merpati giring keket atau keras :

 

Baca Juga : Ciri Merpati Yang TurunnyaLos Dor

 

1.Pemilihan warna betina yang pas

Dalam pemilihan jodoh merpati sangat diperlukan, sebab ada sebagian merpati yang tidak mau giring keket atau keras dikarenakan warna betinanya yang kurang cocok.

Dalam proses pemilihan betina, bisa dicoba dekatkankan merpati jantannya dengan warna betina yang berbeda-beda dan apabila ada yang lebih disukai oleh jantan tersebut, maka ambilah bisa jadi itu yang paling cocok untuknya.

2. Lakukan klegep ( ditutup)

Yang sering dilakukan oleh penggemar merpati agar menjaga burung merpatinya tetapgiring keket atau keras yaitu melakukan klegep, yakni memasukkan burung merpati betina dan jantannya kedalam tempat dan ditutup.

Cara ini bisa dilakukan ketika burung sudah diberi makan dan durasi klegep bisa mencapai sekitar 2-3 jam.

Demikian cara agar merpati mau giring keket dan semoga dapat bermanfaat.

0 Post a Comment:

Post a Comment