Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina

 


Burung merpati merupakan salah satu hewan peliharaan yang sulit  dibedakan antara jantan dan betinanya. Padahal ini sangat penting jika merpati tersebut akan di budidaya.

Mempunyai bentuk yang hampir sama baik jantan maupun betina.Sering kali bagi pecinta burung merpati kebingungan untuk membedakan mana yang jantan dan betina, apalagi jika burung tersebut tergolong baru baru dan keduanya terlihat diam. Pastinya perlu waktu untuk membedakannya dan harus menemukan atau mengetahuinya.   

 

Baca Juga :  Cara Memilih Merpati Tinggian Kolong Yang Bagus

                                              

Ada beberapa cara untuk mengetahui mana yang jantan dan betina, jika dilihat dari tingkah laku, bunyi maupun bentuknya.

1. Dari tingkah lakunya

Pada umumnya merpati jantan sering menggelembungkan lehernya atau biasa disebut mbekur dan mengejar-ngejar merpati betina. Biasanya merpati jantan ini bisa diketahui  ketika sudah menginjak dewasa sedangkan merpati wanita cenderung sering terlihat  diam. Akan tetapi jika merpati wanita sudah dewasa maka ia sering terlihat berjalan  sambil melebarkan sayapnya, serta mengangguk angguk ketika ada merpati jantan menghampirinya

 

2. Dari bentuk badan

Salah satu cara untuk membedakan merpati jantan dan betina salah satunya yakni dengan melihat bentuk dadanya. Pada umumnya jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih bidang dan besar. Sedangkan betina lebih kecil dan rata.

3. Dari suaranya

Merpati jantan jika sudah dewasa akan bersuara “mbekur” lebih keras dibanding betina yang memiliki suara lebih rendah.

4. Dari supit udang

Teknik ini bisa anda coba atau terapkan, ketika burung beranjak dewasa, sebab ketika burung masih anakan biasanya masih belum sempurna. Supit udang merpati betina lebih lebar dan lunak. Sedangkan merpati jantan jika dicek lebih sempit dan keras.

5. Dari posisi kawin

Posisi kawin burung merpati, biasanya bisa dilihat secara umum untuk merpati jantan diatas dan merpati betina dibawah.

Biasanya merpati jantan ketika akan kawin menghampiri betinanya dan sambil mengeluarkan suara bekur-bekur. Sedangkan merpati betina akan menempelkan dadanya ketanah.

Burung merpati terkenal dengan hewan yang setia dengan pasangannya. Dengan warna bulu yang berbeda-beda, hewan ini tidak hanya diminati karena kemampuan terbangnya, akan tetapi  juga corak warna bulu.

Dengan teknik diatas, semoga bisa dijadikan cara membedakan merpati jantan dan betina.

0 Post a Comment:

Post a Comment