Cara Memilih Merpati Tinggian Kolong Yang Bagus

 


 

Merpati tinggian saat ini sangat digemari oleh kebanyakan orang dan menjadi salah satu hobi para pecinta atau penggemar mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Jika kita lihat sekarang diberbagai daerah sudah banyak kolongan atau tempat untuk bermain merpati tinggian. Bahkan sering diadakan lomba - lomba yang mampu mengumpulkan beribu-ribu sampai beratus-ratus para pecinta merpati tinggian ini.

Dengan hadiah yang menggiurkan tak heran para penggemar berani merogoh kocek hingga jutaan rupiah guna membeli indukan atau membudidaya merpati yang unggul dan berkualitas.

Merpati tinggian kolong yang mampu terbang tinggi dan cepat sering kali paling dicari orang apalagi sudah mampu menukik dengan baik, merpati sudah punya modal untuk bisa diikutkan lomba.

Para penggemar merpati biasanya memantau kemampuan terbang dikolong baik disaat  latihan maupun juga perlombaan. Disitulah para pembeli akan dengan cermat atau memilih mana yang akan ditawar.

Perawatan dan latihan juga mempengaruhi kemampuan terbang merpati selain indukan yang unggul. Memanang trah dari indukan yang bagus juga kebanyakan akan menghasilkan anakan yang bagus pula, akan tetapi kalau tidak diimbangi dengan latihan dan perawatan yang baik juga akan sia-sia.

Pembelian merpati tinggian yang unggul bisa secara langsung ke peternak atau bisa juga ke pasar, namun ada beberapa tips memilih merpati tinggian yang baik.

Baca Juga : Cara Melatih MerpatiKolong Saat Akan Dilombakan

Adapun ciri-ciri merpati tinggian yang baik, diantaranya :

1.Bentuk Kepala

Merpati yang memiliki kepala besar dan batok kepala depan lebih tinggi dari kepala bagian belakang. Hal ini didasarkan karena otak lebih besar lebih baik dan lebih pintar dari otak kecil.                                                   

2.Mata

Memilih mata merpati yang baik, biasanya dengan melihat bagian pupil (bulatan hitam ditengah). Jika dihadapkan dengan matahari akan cepat merespon dan akan mengecil.

Tidak hanya itu saja, lihatlah apakah pada biji mata ada cicin lingkar yang berwarna kuning muda atau hijau. Merpati yang memiliki mata yang baik memiliki 2 warna, yakni kuning muda dengan kuning tua, merah muda dengan putih ataupun yang lainnya.                

3.    Postur Tubuh

Postur tubuh untuk merpati tinggian kolong yang baik berbentuk seperti jantung ataupun biasa disebut dengan istilah “njantung” (seperti jantung).Merpati jenis ini biasanya memiliki kemampuan yang baik baik bermanuver maupun berani terjun dengan ketinggian.

 

4.    Bulu

Bulu pada merpati yang yang jika terkena sinar matahari berkilau dan mempunyai lar / ujung bulu membulat dan tidak lancip.

5.   Supit Udang

Supit udang yang baik untuk merpati kolong jika diraba kokoh/ keras tidak menempel kedua tulangnya (supit udangnya)  dengan jarak  supit udang sekitar 1 cm dan terlalu sempit dan lebar.

6.    Bentuk Paruh

Bentuk paruh merpati tinggian yang bagus biasanya mempunyai paruh panjang dari ujung hidung sampai ujung paruh sedikit lebih pendek dari jaraknya pangkal hidung ke batok kepala bagian depan paling atas, meruncingdan tidak terlalu besar atau panjang.

7.    Hidung

Hidung merpati tinggian kolong yang bagus biasanya besar, panjang dan menggembung. Warna hidung berwarna kapur pekat, pangkal hidung bagian bawah agak kebelakang.

Demikian cara atau tips memlih merpati tinggian kolong yang bagus. Dan ini hanya sekedar informasi, akan lebih baik bisa sharing ke peternak / budidaya  merpati agar lebih tepat untuk memilih hewan yang banyak digemari di berbagai daerah ini.

0 Post a Comment:

Post a Comment