Cara Menjodohkan Merpati Yang Sulit Dijodohkan

 


 

Bagi para penggemar merpati yang melakukan budidaya seringkali menjumpai merpatinya sulit untuk  dijodohkan. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya :merpati belum jinak, belum birahi, terkena stres, tidak menyukai betinanya dan masih galak.

Merpati merupakan salah satu hewan peliharaan yang setia terhadap pasangannya dan kerap kali pembudidaya kesulitan untuk menjodohkannya. Jika merpati jantan tidak suka dengan betinanya yang terjadi malah akan sering di totol atau berkelahi.

Kejadian semacam ini terjadi pada burung merpati yang biasanya masih berumur muda dan belum terlalu birahi akhirnya susah untuk dijodohkan. Apabila merpati sudah dewasa akan tetapi ketika dijodohkan tidak mau, biasanya karena jantannya atau betinanya tidak suka.

Baca Juga :  Cara Memilih Merpati Tinggian Kolong YangBagus

Adapun cara menjodohkan merpati yang susah dijodohkan bisa dicoba, diantaranya :

1.Lakukan penjemuran merpati jantan dan betinanya selama kurang lebih 1 minggu. Hal ini juga diyakini para pembudidaya bisa melupakan ingatan baik jantan maupun betina terhadap jodohnya yang dulu.

2. Gunakan kandang merpati dengan diberikan box atau tong didalamnya dan posisi jantan dan betinanya dipisah terlebih dahulu

3. Jadikan 2 kandang, dengan masing masing kandang diberi box atau tong yang ada skat berdekatan.

4. Perhatikan sekitar 4 atau 5 hari, merpati biasanya akan keluar masuk kandang dan disitulah untuk mencoba mengambil betina atau jantan dijadikan satu kandang dengan 1 box atau tong.

5.Jika betina ataupun jantan berkelahi jangan dijadikan satu kandang dan bila perlu lakukan seperti sedia kala sampai betina atau jantan bersuara “Nguk-Nguk”.

Baca Juga : Cara Melatih MerpatiKolong Saat Akan Dilombakan

6. Untuk mencoba apakah merpati sudah mau jodoh terlebih dahulu pegang merpati betinanya dan dekatkan dengan jantan. Tunggu responnya, jika jantan mulai menggelembungkan lehernya atau bersuara (mbekur) berarti jantan siap untuk dijodohkan.

7. Langkah selanjutnya cek kondisi betinanya. Apabila betina mulai megangguk-angguk berarti keduanya sudah bisa dijodohkan dan dijadikan satu kandang.

8. Apabila keduanya sudah siap dijodohkan, masukkan kedalam box atau tong dan ditutup agar keduanya tidak keluar sekitar 4 jam.                                                              

9. Keluarkan keduanya dan beri makan. Jika keduanya terlihat saling mendekat dan meloloh berarti merpati bisa dikatakan jodoh.

10. Biasanya dihari kemudian merpati akan giring dan bertelur.

Demikian cara menjodohkan merpati yang sulit dijodohkan dan semoga dapat bermanfaat.

0 Post a Comment:

Post a Comment