Sebab Merpati Tak Mau Giring

 

 

Pembudidaya merpati mungkin sering menjumpai merpatinya tidak mau giring. Hal semacam ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor dan kadang juga mebingungkan bagi pembudidaya merpati sebab burung sudah tidak lagi galak dengan betinanya.

Belum mau giringnya merpati pada umumnya dipengaruhi karena usia jantan atau betinanya masih terlalu muda, jadi diantara keduanya mungkin sering bersama baik makan maupun remis, akan tetapi jika jantan itu masih muda bisa saja juga mendekati betina lainnya.

Berikut sebab merpati tidak mau giring, diantaranya :

1.Susah bertelur / kurang subur

Ada beberapa kondisi dimana burung tidak mau giring karena betina kurang subur. Jika diperhatikan burung merpati jantan apabila sudah mulai mencari benda-benda untuk dibuat sarang bertelur akan tetapi betina tidak bertelur. Maka biasanya jantannya akan mencari betina lainnya.

2.Tidak cocok dengan betinanya

Merpati jantan memang ada yang tidak mau dijodohkan dengan sembarang betina dan cenderung pada warna tertentu dan apabila dijodohkan akan berkelahi. Ada juga yang  sudah  mau akan tetapi burung tersebut masih mengejar betina lainnya. Hal ini karena memang betinanya kurang cocok. 

Baca Juga :  Cara Memilih Merpati Tinggian Kolong Yang Bagus                                

3. Merpati masih terlalu muda

Apabila jantan atau betinanya masih terlalu muda bisa menyebabkan burung merpati tidak mau giring. Hal ini disebabkan karena burung masih labil atau tidak menentuk dalam menentukan pasangannya.

4.  Burung belum jinak / hidupnya terlalu liar   

Burung merpati yang terlalu liar atau jarang dipegang manusia biasanya akan sulit giring, sebab jika dijodohkan dalam kandang pastinya ia akan berusaha keluar dan seringkali akan menabrak-nabrak jika didalam kandang karena berusaha keluar.

5.Belum beradaptasi

Jika ada burung ditempat dalam kondisi giring dan apabila ditempatkan ditempat lain  giringnya pudar atau tidak lagi mau giring. Hal ini disebabkan bisa karena masih mempelajari tempat barunya atau beradaptasi.                           

6. Karakter

Sebagian merpati memang ada yang mempunyai karakter atau bawaan susah giring dan hanya sekedar bekur bila ada betina, akan tetapi tidak mau kawin 

7. Merpati dalam kondisi sakit

Merpati yang dalam kondisi sakit memang susah untuk giring, sebab burung tidak dalam kondisi prima dan cenderung berdiam diri.

Demikian sebab merpati tidak mau giring dan semoga dapat bermanfaat.

0 Post a Comment:

Post a Comment