Ciri Merpati Yang Turunnya Los Dor

 

 

Salah satu yang menarik dari burung merpati yakni kecepatan dan ketinggian terbangnya. Semakin tinggi dan semakin cepat burung merpati, maka akan banyak diminati oleh penggemar atau pembudidaya hewan peliharaan ini.

Baik merpati tinggian atau merpati balap apabila dilombakan, burung siapa yang cepat sampai finish maka ia yang akanmenang, disinilai kecepatan burung sangat diperlukan. Kecepatan merpati dalam mencapai tujuan biasa disebut dengan jedor, dor atau los dor tergantung daerah masing-masing yang mengatakan.

Istilah jedor atau dor dipakai oleh pelatih burung merpati karena kecepatan burung yang fantastis, bahkan kerap kali terpental dari area.

Merpati yang memiliki kemampuan ini bisa dikatakan punya harga yang mahal. Kebanyakan memiliki mental yang kuat sehingga kadangkala ketika dilombakan mentalnya akan down ketika diterbangkan bersama.

Ketika giring merpati yang turunnya los dor akan keket atau giring keras dan kerap kali betinanya sampai kehilangan bulunya sebab di totol oleh jantannya.

Dan yang paling membahayakan adalah ketika burung merpati diterbangkan dengan lawannya sehingga terpacu lebih cepat lagi burung terbang dan ketika sampai finish terlalu over turun sehingga burung tersebut mati.

Tidak hanya itu saja kekurangan dari merpati yang los dor juga kerap kali mbrosot atau tidak masuk kolong sebab ketepatan joki tidak pas dalam klepek betinanya.

Adapun ciri-ciri merpati yang los dor sebagai berikut :

1. Postur Tubuh

Ukuran postur tubuh merpati dengan kemampuan los dor pada umumnya berukuran ideal, tidak terlalu kurus dan gemuk, namun merpati ini dalam kondisi yang sehat.

2. Mata

Burung merpati dengan bola mata yang bulat, terdapat pupil hitam condong kedalam, tatapannya tajam dan akan mengecil jika terkena sinar matahari (responsif) .

Baca Juga :  Cara Memilih Merpati Tinggian Kolong Yang Bagus

3. Bentuk kepala

Merpati yang turunnya los dor biasanya mempunyai jidat nonjol kedepan (jenong)

4. Bentuk Paruh

Ciri merpati yang memiliki kemampuan turun los dor pada umumnya paruh burung tidak terlalu panjang dan berbentuk lancip

5.Leher

Jika dilihat atau dipegang leher burung yang los dor akan kelihatan kokoh dan kuat

Baca Juga : Cara Melatih MerpatiKolong Saat Akan Dilombakan

6. Sumpit

Kecepatan turun burung merpati juga bisa dipengaruhi oleh sumpit. Pada umumnya burung yang turunnya los dor memiliki sumpit kuat dan tidak sempit ataupun longgar dengan jarak sekitar ±  2cm antara tulang sumpit udang yang satu dan lainnya.

Demikian ciri merpati yang turunnya los dor dan semoga dapat bermanfaat.                                                     

0 Post a Comment:

Post a Comment