Cara Mengatasi Merpati Jantan Yang Susah Bekur

 

 


  

Burung merpati jantan kadangkala ada yang susah bekur meskipun umurnya sudah dewasa. Salah satu penyebab merpati jantan susah bekur atau tak mau dijodohkan adalah karena burung tersebut sudah dari keturunan ataupun karena burung terlalu liar.

Bagi pembudidaya merpati kondisi semacam ini akan menjadi kendala. Pada umumnya para pemelihara merpati yang unggul pastinya menginginkan keturunan sebagai penerus dari indukannya. Apalagi indukan yang sudah pernah juara atau berprestasi tentunya akan sangat merugikan jika menemui anakannya yang susah untuk dijodohkan.

Adapun cara agar merpati jantan mau bekur atau dijodohkan, diantaranya :

1.Jinakkan Dahulu

 

Salah satu penyebab merpati susah bekur adalah karena burung tersebut terlalu liar dan bahkan tak pernah ditangkap dan akhirnya jika burung tersebut dijodohkan akan susah bahkan berusaha keluar dari kandangnya.

 

Baca Juga : Cara Melatih MerpatiKolong Saat Akan Dilombakan

 

2. Jemur

 

Cara menjemur merpati yang akan dijodohkan merupakan cara yang sering dilakukan oleh pembudidaya merpati. Hal ini dilakukan selain untuk menjinakkan merpati tetapi juga agar merpati cepat move on dari ingatan masa lalunya.

 

Penjemuran merpati rutin dilakukan setiap 2 kali sehari agar proses penjinakkan dan agar merapati lebih cepat untuk dijodohkan.

 

3. Pemilihan Jodoh

 

Dalam pemilihan jodoh merpati yang susah bekur, pilihlah merpati dengan cara mendekatkan merpati betinanya. Apabila tidak respon dari jantannya gantilah dengan betina sekiranya mendapat respon dari jantannya.

 

4. Pemberian tong (box) dalam kandangnya

 

Proses pemberian tong dilakukan apabila merpati jantan sudah mau bekur dengan betinanya atau sudah akur dtempatkan satu tempat dengan betinanya.

 

Baca Juga : Cara Memilih Merpati Tinggian KolongYang Bagus

          

5. Tempatkan Dalam Satu Wadah

 

Tahap penempatan dalam wadah dilakukan apabila burung merpati sudah jodoh, biasa ditandai oleh sering lolohan antara betina dan jantannya. Langkah selanjutnya masaukkan betina dan jantannya kedalam tong atau box, kemudian ditutup rapat akan tetapi tetap ada udara yang masuk bertujuan agar burung tetap bisa bernafas selama kurang lebih 4 jam. Setelah itu keluarkan dan dijemur sambil diberi makan supaya dapat remis. Apabila burung tersebut giring berarti anda berhasil dalam melakukan cara ini.

 

Demikian cara mengatasi merpati jantan yang susah bekur dan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan siapa saja yang mencari informasi tentang ini.

0 Post a Comment:

Post a Comment