Cara Mengatasi Burung Merpati Yang Susah Bertelur

 

 

Perawatan dan pemeliharaan burung merpati bagi pembudidaya terkadang mengalami masalah yakni lama dan tidak dapat bertelur. Hal semacam ini memang menjadi kendala untuk menurunkan anakkan penerus bagi pembudidaya dari indukan yang berprestasi.

Biasanya merpati yang susah bertelur akan giring lebih lama daripada merpati pada umumnya. Hal ini disebabkan karena burung akan pudar giringnya ketika merpati bertelur.

Masa bertelur merpati juga sangat membantu untuk memulihkan tenaga merpati yang akan dilatih kembali.

Beberapa penyebab burung merpati yang susah bertelur :

1. Mandul

Salah satu faktor burung merpati tidak mau bertelur disebabkan karena mandul. Pada umumnya burung merpati sudah berusia tua. Kejadian semcam ini bisa jadi jantan yang mandul sehingga tidak bisa membuahi betinanya ataupun betinanya.

2. Kurang Vitamin E

Kekurangan vitamin E (Vi Oil) pada burung merpati bisa berakibat burung tidak lancar bertelur bahkan tidak bertelur.

3. Kondisi Sakit

Burung merpati yang sedang mengalami sakit kerap kali tidak bertelur, sebab burung lebih suka menyendiri dan tidak mau kawin.

Baca Juga : Cara Melatih MerpatiKolong Saat Akan Dilombakan

4.Kurang Protein

Protein bagi merpati sangat diperlukan, sebab salah satu pembentuk pada telur.

Adapun cara mengatasi burung tidak bertelur, diantaranya :

1. Faktor Kesuburan

Merpati yang tidak mau bertelur biasaya disebabkan karena faktor umur akan tetapi setelah beranjak dewasa pun masih tetap tidak mau bertelur. Kondisi semacam disebabkan karena burung merpati tersebut mengalami masalah kesuburan.

Berikut cara mengatasi masalah burung yang tidak mau bertelur karena faktor kesuburan :

a. Pemberian Vitamin

Vitamin yang diberikan bagi merpati yang susah bertelur seperti : Ryomicin dan Egg Stimulant. Pemberian obat cacing juga diperlukan agar burung merpati mempunyai tubuh yang ideal (tidak kurus dan kegemukan).

Bisa saja menggunakan multivitamin penyubur seperti VITALUR selama kurang lebih 2 minggu 2 kali diteruskan dengan menjemur merpati secara rutin selama 1 minggu. Cara ini dimaksudkan agar merangsang syaraf dan otot sistem pada burung tersebut.

Pemberian vitamin E selama 1 minggu sebanyak 1 kali sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan burung merpati.

Baca Juga :  Cara Memilih Merpati Tinggian Kolong Yang Bagus

b. Pemberian makan gabah

Dalam pemberian makan gabah dan padi untuk burung merpati bisa dicampurkan. Kemudian berikan grit dan kalsium seperti udang ebi 9 yang cukup. Untuk pemberian makan lebih baik direndam terlebih dahulu.   

Demikianlah cara mengatasi betina yang susah bertelur dan semoga dapat bermanfaat.

0 Post a Comment:

Post a Comment