Merpati Somahan dan Cara Memilihnya

 

 

Salah satu jenis burung merpati yang sering di budidaya oleh para penggemar merpati yakni somahan. Merpati jenis ini termasuk dalam merpati tinggian, akan tetapi merpati somahan biasanya tidak dilatih di kolong melainkan dirumah.

Merpati somahan merupakan sebutan merpati omah atau rumah, maksudnya merpati yang diterbangkan agar mau kembali kerumah. Biasanya para penggemar merpati menerbangkan burungnya hingga mencapai sekitar 5 km, sehingga ketika merpati pulang hampir tidak kelihatan saking tingginya merpati terbang, bahkan hanya suara sawangan atau peluit yang  terdengat dan dipasang dibagian atas ekor saja.

Merpati somahan biasanya diterbangkan dari kejauhan dengan menggunakan kandang yang ditempatkan dibelakang punggung. Merpati somahan juga diberi sawangan (peluit) dibagian ekor merpati sebagai bunyi penanda burung sudah terbang.

Banyak penggemar merpati somahan yang menerbangkan burungnya secara berpasang pasangan, bahkan juga penerbangannya secara serentak.

Baca Juga : Ciri Merpati Yang TurunnyaLos Dor

Sebenarnya merpati somahan tidak begitu kalah meriahnya seperti halnya merpat kolong dan balap. Akan tetapi merpati somahan jika dilombakan tidak begitu sering seperti merpati tinggian kolong dan balap.

Perlombaan merpati somahan bisa dibilang unik berbeda dengan merpati kolong ataupun balap.Lomba merpati somahan memerlukan joki pengambil merpati yang cepat, sebab joki merpat yang memiliki kecepatan berlari dalam menangkap atau mengambil merpati akan sangat menentukan.

Adapaun cara memilih merpati somahan, diantaranya :

1.Postur Tubuh

   Ukuran tubuh merpati somahan bervariasi akan tetapi banyak merpati somahan yang berukuran pendek dan agak membulat, seperti merpati yang punya kucir atau jambul. Kemampuan terbang yang dimiliki memang tidak diragukan lagi.

   Burung merpati yang meiliki postur tubuh ideal (tidak gemuk / kurus) juga menjadi salah satu referensi memilih burung somahan.

Baca Juga :  Cara Memilih Merpati Tinggian Kolong YangBagus

2. Sayap

    Merpati somahan pada umumnya memiliki sayap yang bagian ujungnya agak membulat. Bagi para penggemar merpati menggunakan cara ini untuk mengetahui ketika membeli burung merpati dipasar.

3.Mata

   Memang tidak semua burung yang berwarna atau berukuran tertentu menentukan tinggi dan tidaknya kemampuan terbangnya, akan tetapi dari pengalaman yang ada kebanyakan merpati yang memiliki warna kuning dan terdapa warna hitam kecil ditengahnya ketika terkena sinar matahari bisa terbang tinggi, begitupula dengan mata putih setengah kemerahan juga sama.

Demikian tentang burung somahan dan semoga dapat bermanfaat.

0 Post a Comment:

Post a Comment