Cara Memilih Merpati Balap Yang Bagus dan Juara

 


 

Burung merpati yang banyak dibudidaya dan dijadikan hewan peliharaan diberbagai daerah yakni merpati balap dan merpati kolong. Merpati balap sendiri jadi salah satu primadona bagi orang karena mempunyai keunikan tersendiri.

Merpati balap juga sering diperlombakan dengan hadiah yang sangat menggiurkan, tak ayal para penggemar merpati rela merogoh kocek demi memiliki burung yang satu ini.

Bagi sebagian para penggemar merpati belum mengetahui merpati balap unggulan. Biasanya untuk membeli merpati balap orang tersebut memilih keturunan (trah) dari indukan yang sudah berprestasi dan meraih juara dalam event perlombaan.

Akan tetapi untuk memilih burung merpati yang mempunyai sprint yang cepat juga bisa diketahui melalui bentuk fisik mulai dari postur tubuh, leher, badan, sayap, hidung, paruh dan lain sebagainya.

Adapun cara memilih merpati balap yang bagus dan juara , diantaranya :

1.Dilihat Dari Fisik

A. Postur Tubuh

Merpati yang bisa tembak keras atau stut kencang biasanya mempunyai postur yang ideal, yakni tidak terlalu kurus dan gemuk.Dengan hal ini merpati dapat terbang dengan mudah dan bisa terbang dengan cepat meskipun dari jarak jauh.

B. Dada 

Salah satu cara untuk mengetahui merpati balap yang bagus, yakni bisa dilihat dari bentuk dada dan pada umumnya merpati yang mempunyai badan tegap dan terlihat gagah akan lebih cepat terbang.

Tidak hanya dapat terbang dengan cepat, akan tetapi juga mempunyai kelincahan saat terbang. Burung merpati seperti ini sangat b aik untuk diikutkan lomba, sebab dengan kelincahan tersebut bisa membuat mental lawan down (jatuh).

C. Badan

Merpati yang dapat terbang cepat biasanya memiliki ukuran badan bulat dan terasa lentur, empuk dan seperti karet apabila dipegang.                                                                   

 

Baca Juga : Cara Melatih MerpatiKolong Saat Akan Dilombakan

                                                                                                                                                                          

D. Sayap

Kemampuan terbang merpati balap yang bagus juga dapat diketahui dengan melihat sayap. Ciri-ciri merpati yang mampu terbang cepat, biasanya memiliki sayap atau lar panjang dan berukuran sama dengan ekornya.

Selain itu juga sayapnya tebal meruncing, halus seperti lilin, tulang bulu tebal, ketika sedikit ditekuk akan lentur dan kering.

Walaupun bagaimanapun juga sayap sangat berpengaruh terhadap kemampuan terbang burung, sebab sayap burung yang bagus akan menghasilkan terbang burung  yang bagus pula.

E. Leher

Bentuk leher merpati balap yang bagus, berukuran sedang dan ketika dipegang akan kuat dan tidak akan terlihat tenang tidak tengak-tengok.

F. Paruh

Ukuran paruh merpati balap yang bagus biasanya berukuran kecil dan tidak terlalu panjang.

G. Hidung

Merpati balap yang bagus biasanya berukuran besar dan panjang, akan tetapi tidak seperti merpati pos atau prambon.

 

Baca Juga :  Cara Memilih Merpati Tinggian Kolong YangBagus

 

H. Kepala

Ukuran kepala merpati balap yang bagus pada umumnya mempunyai ukuran besar dan batok kepala akan lebih tinggi dari bagian belakangnya.

I. Mata

Merpati balap yang bagus biasanya apabila dilihat tajam, pupil hitam kecil, legam, tidak pecah dan berwarna kuning kemerahmerahan.

J.Tulang Supit

Tulang supit yang kuat dan keras pada umumnya akan menggambarkan burung itu mampu terbang cepat dan bagus.

 

Baca Juga : Cara Membedakan MerpatiJantan dan Betina

 

 2. Trah

Cara kedua memilih merpati balap yang bagus dan juara dilihat dari keturunan (trah) . Sebab biasanya anakan tidak jauh dari induknya, meskipun tidak semuanya anakan akan ikut induknya akan tetapi kemungkinan besar akan meniru.

Demikian tersebut diatas cara memilih merpati balap yang bagus dan juara dan semoga dapat bermanfaat.

0 Post a Comment:

Post a Comment