Cara Memilih Merpati Yang Memiliki Stut Kencang

 


 

 

Merpati tinggian kolong menjadi salah satu hewan yang sering diperlombakan dan mampu menghadirkan para penggemar merpati dari berbagai daerah.

Para pembudidaya merpati pastinya menginginkan burung peliharaannya unggul atau berkualitas, dan salah satu cirinya mempunyai  kemampuan terbang cepat apalagi untuk ikut lomba sangat menentukan.

Merpati yang mempunyai  kemampuan terbang cepat atau biasa disebut “Stut Kencang”  menjadi salah satu pilihan bagi para penggemar merpati.

 Baca Juga : Cara Membedakan MerpatiJantan dan Betina

Burung merpati yang memiliki stut kencang biasanya memiliki ciri-ciri tertentu , diantaranya :

1.Postur Tubuh

Untuk mengetahui kemampuan terbang merpati yang memiliki stut kencang biasanya berbentuk seperti jantung pisang atau biasa disebut  “njantung”   dan apabila disentuh atau digenggam akan lentur. Cara ini bisa anda lakukan ketika merpati dalam keadaan sehat dan tidak dalam kondisi sakit.           

2. Mata

Burung merpati yang mempunyai stut kencang juga bisa dilihat dari mata, yakni merpati yang memiliki stut kencang bola matanya akan mengecil ketika terkena sinar matahari dan akan kembali seperti semula jika sudah dijauhkan dari sinar matahari.

Baca Juga :  Cara Memilih Merpati Tinggian Kolong YangBagus

3. Bulu

Jika melihat dari bulu merpati yang memiliki stut kencang akan mengkilap apabila terkena sinar matahari, namun bulu merpati tidak berpengaruh besar terhadap kemampuan terbang, akan tetapi kebanyakan demikian.

4. Bentuk Kepala

Salah satu cara memilih burung merpati yang mempunyai stut kencang juga bisa diketahui dengan melihat bentuk kepala. Burung merpati yang memiliki kepala besar dan batok kepala agak tinggi dari bagian belakangnya biasanya mempunyai kemampuan terbang cepat atau stut kencang.

5. Sayap

Ciri merpati yang punya stutu kencang juga bisa dari sayap/ lar. Sayap sendiri sangat berpengaruh pada burung yang terbang.Dengan ini memilih burung dengan melihat sayap jadi sangat penting.

Bentuk sayap pada burung merpati juga berpengaruh. Pada umumnya burung mempunyai stut kencang  memiliki bulu tebal, tulang bulu kuat, rapat,lebar, kaku dan ujung sayap tidak lancip    

6. Kaki

Pada kaki burung merpati yang mempunyai stut kencang, memiliki kaki kering (mbesik) dan panjang . Ada juga para pembudidaya merpati yang mengatakan merpati yang punyai stut kencang kakinya akan sejajar dengan ekor.  

Baca Juga : Cara Melatih MerpatiKolong Saat Akan Dilombakan

7. Paruh

Merpati yang memiliki stut kencang biasanya berbentuk lancip dan tidak besar, akan tetapi sedang.

Demikian cara memilih burung merpati yang memiliki stut kencang dan semoga dapat bermanfaat.

0 Post a Comment:

Post a Comment