Cara Agar Merpati Cepat Jodoh Atau Lenjeh

 

 


 

Burung merpati memang mempunyai karakter yang berbeda-beda, begitupula dengan masa birahi setelah menginjak dewasa, pada umumnya burung merpati yang sudah lewat dari masa piyik akan dengan sendirinya dapat diketahui jantan atau betina.

Apabila merpati tersebut betina, maka akan memperlihatkan dengan cara mengepakkan sayapnya dan mendekati jantan yang sedang bekur sambil mengangguk-angguk kepalanya pertanda ia sudah birahi atau lenjeh. Dan jika burung tersebut jantan, maka ia akan mendekati betina dengan mengeluarkan suara keras “bekur-bekur” sambil menggembungkan dibagian lehernya.

Burung merpati betina yang baru lenjeh, biasanya akan jodoh dengan sendirinya dan akan terlihat sering bersama dengan pasangannya jika dalam keadaan bebas, namun apabila dikurung belum tentu mau dijodohkan apabila dikandang.

Hal semacam ini mungkin sering dijumpai bagi pembudidaya atau pemelihara burung merpati. Ada pula burung merpati baik jantan maupun betina ketika sudah dewasa sudah birahi. Burung seperti ini biasanya suka menyendiri dan akan galak ketika didekati.

Adapun cara agar betina cepat lenjeh, diantaranya :

1. Jemur

Burung merpati yang tidak lenjeh harus dijemur terlebih dah ulu secara rutin agar burung jinak atau mau beradaptasi dengan kandang barunya.

Merpati yang terlalu liar biasanya ketika dimasukkan kedalam kandang akan berusaha keluar, dengan dijemur merpati tentunya akan sulit keluar selain dikandang burung tersebut juga dalam keadaan basah.

Penjemuran dilakukan sekitar ± jam 8 pagi dan akan kering dua jam kemudian. Hal ini dilakukan juga agar burung tetap dalam keadaan sehat dan jinak.

 

Baca Juga : Cara Memilih Merpati YangMemiliki Stut Kencang

 

2.. Dekatkan dengan jantan

Dalam proses ini bisa dilakukan ketika burung dijemur dengan cara mendekatkan burung tersebut akan tetapi berbeda kandang. Biasanya kalau burung jantannya sudah sangat birahi maka betinanya juga akan merespon.

3. Beri tong atau bok pada kandangnya

Pemberian tong dilakukan baik jantan maupun betina akan tetapi berbeda kandang. Cara ini biasanya akan cepat berhasil jika cara 1 dan 2 sudah dilakukan secara rutin.

Pada tahap ini apabila burung merpati jantan masuk kedalam tong dan mengeluarkan suara “Nguk-nguk”  burung betina juga akan cepat meresponnya.

 Baca Juga : Cara Membedakan MerpatiJantan dan Betina

4. Jodohkan dengan jantan kesukaannya

Karakter merpati memang ada juga yang sulit dijodohkan dengan sembarangan dan akan memilih warna-warna tertentu.

Demikian cara agar betina cepat lenjeh dan semoga dapat bermanfaat.

0 Post a Comment:

Post a Comment