Cara Mengatasi Burung Merpati Yang Suka Ngebuang

 

 

 

Dari beberapa pembudidaya atau  pemelihara burung pernah mendapati playernya ketika masuk kolong negbuang tidak seperti burung lainnya. Hal ini disebabkan ada sesuatu yang menyebabkan burung jadi seperti itu.

Burung merpati yang ngebuang ketika turun dari kolong memang sangat merugikan, sebab burung pastinya jika diikutkan lomba akan dianggap gagal.

Beberapa burung merpati yang demikian perlu diperhatikan agar bisa kembali seperti semula jika sebelumnya tidak seperti itu.

Melihat burung yang sering  ngebuang disaat turun ke kolong bisa diuraikan penyebabnya, antara lain : 

-Sudah bawaan atau karakter

-Burung masih dalam keadaan mabung     

-Burung mengalami stres atau trauma   

-Burung belum jinak   

 

Cara mengatasi burung yang ngebuang sebagai berikut :

 

1. Jika burung tersebut sudah bawaannya atau karakter memang sulit untuk bisa disembuhkan akan tetapi bisa diubah sedikit dengan cara disaat burung dalam keadaan giring keket usahakan betinanya dihadapkan ke jenatan merapati lain yang sedang bekur sambil klepek.

 

Hal ini di dimaksudkan agar merangsang burung menghampiri betinanya. Dan dilakukan sedikit-demi sedikit bisa mulai dari jarak 1 meter bertahap sekiranya burung mulai sering menghampiri atau nempel ke betinanya.

                                                                                                           

2.Periksa terlebih dahulu burung merpatinya barangkali masih mabung. Jika demikian lebih baik diistirahatkan terlebih dahulu sampai burung dalam keadaan fit atau bulunya sempurna.

Sebab jika burung dalam keadaan mabung, tetap dilatih akan mengakibatkan tidak mau lagi

Menghampiri betinanya karena sakit.

 

3.Apabila burung mengalami trauma, maka lebih baik merpati dikandang sendiri agar lebih tenang dan  jangan lupa dijemur secara rutin. Hal ini dengan tujuan agar burung  cepat move on dari apa yang dialaminya.  

 

Burung merpati juga kerap kali mengalami trauma sebab mengalami cedera ketika diterbangkan dikolong entah itu menabrak dan lain sebagainya.

                                                                                           

4. Burung merpati yang tidak pernah ditangkap atau terlalu liar juga mengakibatkan negbuang saat dilatih bahkan ketika diklepek tidak mau mendekat dan lebih cenderung pergi meskipun tetap mencari betinanya.

 

Untuk cara ini memang perlu kesabaran, sebab burung tidak akan jinak dalam waktu dekat bahkan bisa mencapai sekitar satu bulan baru bisa jinak.

 

Merpati yang seperti ini harus sering dipegang dan jangan sampai trauma agar terbiasa dekat dengan orang.

 

Akan lebih baik lagi burung sering dijemur dengan betinanya untuk mempercepat proses penjinakkan.

 

Demikian cara mengatasi burung merpati yang suka ngebuang dan semoga dapat bermanfaat.

 

0 Post a Comment:

Post a Comment