Yang Perlu Diperhatikan Cara Budidaya Ikan Lele

 


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya ikan lele agar hasil produksi yang maksimal dan tentunya perlu perawatan yang harus diperhatikan untuk mencapainya.

Tidak sedikit para pembudidaya karena ketidaktahuannya tentang bagaimana cara menghasilkan panen yang melimpah dan berkualitas akhirnya berhenti. Semua itu tidak lepas budidaya yang asal-asalan sehingga hasilnya pun tidak sesuai harapan.

Maka sebelum kita membudidayakan harusnya kita terlebih dahulu mempelajari caranya yang benar agar tidak rugi dikemudian hari.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan bagaimana cara budidaya ikan lele :

1.     Tempat Budidaya

Untuk memulai budidaya ikan lele terlebih dahulu ditentukan tempat atau media apa yang akan digunakan nantinya.

Tempat menjadi salah satu terpenting sebelum menabur benih, sebab selain berdampak tentang hasil produksi juga menentukan kualitas hasil panen sehat atau tidaknya ikan selama poses budidaya.

2.     Menjaga kualitas air

Sebelum menabur bibit ikan lele kita juga harus memperhatikan kualitas air. Apakah bersih dan cukup untuk jumlah budidaya ikan lele yang sudah ditentukan ?

Selain bersih yang perlu diperhatikan diantaranya yakni pemeriksaan pH air dan kekeruhan, suhu, oksigen terlarut dan kadar nitrat dan nitritnya.  

Kemudian menjaga kadar oksigen terlarut untuk level yang cukup tinggi secara terus-menerus dengan tambahan aerasi / pengadukan dan menambahkan bakteri pengurai didalam air serta membantu kualitas airnya.

Dalam menjaga kualitas air sangat diperhatikan untuk menjaga kebersihan tempat agar tidak terkontaminasi dengan dengan kotoran.

3.     Memperhatikan Pakan

Pemberian pakan yang tepat sangat diperlukan agar hasil yang nanti dihasilkan juga maksimal, ikan lele akan tumbuh berkembang apabila pakan yang diberikan secara teratur.

Jika terlalu banyak pakan yang diberikan bisa mengakibatkan masalah bagi ikan yang berdampak pada kesehatan pada ikan dan juga penyakit.

Sehingga berdampak pada tingkat produktivitas panen begitupula jika kekurangan pakan pastinya bisa menyebabkan ikan akan mati dan tidak sehat sehingga hasi panen tidak sesuai harapan atau sedikit.

Makanya perlu membuat jadwal pemberian ikan dan juga melihat berapa jumlah ikan yang nantinya disesuaikan pakan yang kan diberikan.  

4.      Mengontrol Kondisi Ikan

Pemantauan kondisi ikan sangat diperlukan apalagi dengan perubahan lingkungan, suhu dan cahaya bisa berdampak pada ikan lele nantinya.

Masalah yang mungkin saja muncul yakni jika ikan lele mengalami stres dan dampaknya mempengaruhi sistem kekebalan pada tubuh ikan lele yang berakibat terkena penyakit.

0 Post a Comment:

Post a Comment