Keuntungan Budidaya Ikan Lele Pakai Drum

 


Budidaya lele untuk sekarang ini semakin digemari orang selain tidak begitu ribet pemeliharaannya tetapi juga keuntungan yang menggiurkan apabila sudah mengerti tata caranya.

Ada beberapa macam cara budidaya lele, namun dengan memakai drum pembudidaya tidak memerlukan biaya atau tenaga untuk pembuatan lahan yang mahal.

Selain bisa menghemat tempat teknik budidaya pakai drum dengan ukuran sekitar 2 X 2 m akan lebih efesien dan simpel.

Tentunya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal memerlukan perawatan yang rutin dan baik.

Berikut keuntungan dari budidaya ikan lele pakai pakai drum :

1.   Hemat biaya dan tempat

Budidaya ikan lele dengan memakai drum lebih simpel dan tentunya tidak memerlukaan pengerjaan untuk wadah yang rumit dan berhari-hari / lama.

Selain tidak perlu membeli bahan-bahan sebagai media budidaya yang memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Dengan memakai drum bisa dengan mudah mengontrol kondisi ikan atau perkembangannya lebih baik.

Tidak hanya itu saja untuk mengetahui bahwa ikan itu msih sehat atau terkena penyakit kita lebih bisa mendeteksi tentunya diuntungkan dengan jarak pantau yang lebih dekat. 

2.   Produksi Maksimal dan Lebih Singkat

Salah satu keuntungan budidaya memakai drum yakni jumlah prosuksi yang maksimal dan tidak membutuhkan waktu lama untuk perkembangan ikan sebab adanya pergerakan air di dalam drum yang bisa mempercepat pertumbuhan lele.

Biasanya untuk pemanenan ikan bisa dllakukan jika umur ikan mencapai 4 bulan akan tetapi jika memakai media drum hanya membutuhkan waktu 2- 3 bulan.

3.  Ukuran yang tak menentu

Pada umumnya untuk drum plastik yang berisi sekitar 200 liter dengan ukuran 8-10 cm bisa digunakan untuk 60-80 ikan lele. Bagi pembudidaya perlu membuka pelapis dan membersihkannya sesudah siklus pemeliharaan.

Dengan ini membuka kebebasan pembudidaya untuk memperluas produksi agar lebih optimal,

4. Harga jual yang lebih mahal

Ikan lele hasil ternak memakai drum mempunyai harga yang lebih mahal karena pertumbuhan ikan yang lebih cepat dan perkembangannya yang lebih singkat.

Tingkat pertumbuhan yang cepat akan menghasilkan kualitas produksi baika. Hal ini yang menyebabkan harga jual lele dengan teknik drum lebih mahal harganya.

Disamping itu permintaan pasar yang melonjak dan semakin meningkat membuat tingkat produksi harusnya sepadan membuat harga akan lebih mahal.


0 Post a Comment:

Post a Comment