Mengetahui Cara Adaptasi Ikan Lele

 


Pengetahuan budidaya ikan lele yang benar bagi pemula sangat diperlukan apalagi  yang ingin menebar bibit dengan jumlah yang banyak agar dikemudian hari tidak terjadi kerugian .

Adaptasi yang  juga mempengaruhi perkembangan lele. Jika berjalan dengan baik akan memungkinkan hasil yang maksimal, begitu pula bila sebaliknya bisa banyak yang mati akibat stres dan terkena penyakit.

Apalagi ikan lele yang baru dipindahkan dan masih kecil benar-benar memerlukan adaptasi yang baik karena rentan dari kemungkinan yang tidak diinginkan.

Berikut ini cara ada adaptasi ikan lele di tempat baru :

1. Pemindahan ke tempat barunya

Ada yang perlu diperhatikan pada proses memasukan bibit lele ke lingkungan barunya. Sebelum bibit lele dipindahkan ke kolam budidaya terlebih didahulu ditaruh bak penampungan, dengan demikian ikan lele akan terbiasa dengan lingkungan barunya.

2. Pemilihan tempat atau air

Persiapan tempat dan air yang baik dan benar diperlukan seperti tempat yang memadai, air yang bersih dengan pH air 6,5 sampai 8,5

3. Pilih bibit yang berkualitas

Pemilihan bibit yang berkualitas sangat disarankan salah satunya umur yang sepadan dan dalam keadaan sehat, dengan itu akan membantu pertumbuhan ikan lele.

4. Pemberian pakan sesuai jadwal

Dalam proses pertumbuhan ikan lele, pemberian pakan yang tepat sangat diperlukan. Mengingat juga menentukan jumlah produksi yang akan didapatkan.

Pemilihan pakan yang berkualitas dan porsi yang diberikan sesuai kebutahn ikan lele juga perlu diperhatikan oleh pembudidaya.

5. Cek suhu air

Mengontrol suhu air sesuai yang diperlukan ikan bisa mempengaruhi kesehatan ikan lele dan juga pertumbuhan, maka harus rutin mengontrol suhu air agar tidak terjadi sesuai yang tidak diinginkan.

6. Pemeriksaan kesehatan lele

Pemantauan kesehatan ikan lele dilkuakan guna mengetahui kondisi ikan lele, apakah perlu penanganan apabila terkena penyakit. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa ikan lele tumbuh dengan baik.

Jika terpantau ada ikan yang mengalami masalah seperti kurus, lemas dan diketahui terdapat tanda-tanda terkena penyakit lebih baik dipisah dan ditaruh ditempat yang berbeda dengan tujuan agar lebih mudah bergerak dan tercukupinya cadangan makanan.

Apabila dalam proses pemulihan sudah dilakukan dan ikan lele sehat seperti semula. Maka bisa ditaruh ditempat semula.

 


0 Post a Comment:

Post a Comment